Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Visualisasi Diri Sebelum Public Speaking, Itu Perlu Lho!

CARABICARA - Setiap pembicara publik, baik mereka yang akan tampil sebagai narasumber sebuah seminar, menyampaikan ceramah, menjabarkan presentasi, dan lain sebagainya. Tentu ingin memberikan performance terbaiknya kepada para audience.  Dan tentu kita semua sepakat bahwasannya persiapan yang baik adalah kunci dari suksesnya sebuah public speaking.

Namun keinginan untuk bisa tampil sempurna terkadang suka tergerus oleh waktu, seiring hitung mundur menjelang hari H penampilan kita. Makin dekat waktu untuk beraksi, kok jadi makin loyo ya? Dan kita pun akhirnya jadi linglung, hilang gambaran tentang seperti apa penampilan yang sempurna. Malah kadang  sempat terlintas di pikiran untuk  “tampil pas-pasan aja kali ya? Yang penting ngomong.”

Waduh!

Pada postingan kali ini, CARABICARA akan memberikan tips bagi kamu yang suka mengalami hal-hal seperti di atas, tips yang sebenernya cukup  unik. Namun jangan salah, para pembicara publik yang sudah ulung pun cukup rutin memperaktekannya sebelum waktu penampilan mereka. Semoga tips ini juga dapat berhasil untuk  sobat blogger sekalian.

Namanya, Visualisasi.

Sebelum mengisi sebuah acara, seorang pembicara publik kerap kali membayangkan bahwa ia akan  tampil bagus nanti, ia akan tampil sangat percaya diri nanti. Dan ia selalu membayangkan bahwa dia sendiriah role model atau orang yang ia jadikan inspirasi di atas panggung.

Lalu, bagaimanakah cara mempraktekan visualisasi ini? Baiklah, caranya cukup mudah. Kamu bisa lakukan ini di saat kamu benar - benar nervous / grogi menjelang hari penampilan, bahkan bisa dilakukan pada H- 1 sebelum acaranya dimulai.

Yang perlu kamu lakukan adalah menyediakan waktu untuk menenangkan diri terlebih dahulu. Dan menyendiri mungkin adalah pilihan yang cukup baik bagi kamu. Bersamaan dengan itu, jangan lupa untuk mempersiapkan segalanya.  Dan ini adalah poin yang paling penting, yaitu ketika  kamu sebelum  tidur,  bayangkan bahwa besok diri kamu akan tampil sangat-sangat memukau! Biarkan bayang-bayang kesuksesan itu menguasai pikiran kamu serta menguasai diri kamu sepenuhnya. Dan rasakan bahwa ini merupakan sugesti positif untuk diri sendiri.

Para pembicara publik yang menerapkan tips di atas, biasanya akan merasakan efeknya esok hari  pada hari H. Mereka akan merasa sangat ringan dan powerful. Selain itu, rasa percaya diri juga akan terdongkrak sehingga dapat dengan tenang dan luwes saat memberikan materi.

Oh iya, tulisan ini bukan bermaksud untuk mengajarkan untuk jadi orang takabbur lho ya! Wkwk. Bukan begitu maksudnya. Visualisasi di sini kita ibaratkan sebagai upaya untuk ngecas percaya diri. Yang terpenting, sebelum kamu mengisi acara tetaplah berdoa, tetap persiapkan materi , penampilan dan sebagainya dengan baik. Demikian tips dari kami, semoga bermanfaat ya!


Posting Komentar untuk "Visualisasi Diri Sebelum Public Speaking, Itu Perlu Lho!"