Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah 10 Manfaat Belajar Public Speaking yang Perlu Kamu Ketahui

CARABICARA – Kemampuan berbicara di depan khalayak ramai, atau yang biasa dikenal dengan sebutan public speaking, sudah sangat dituntut di berbagai sendi kehidupan sosial. Baik dalam lingkungan korporasi, politik, akademik, bahkan di lingkungan sosial kemasyarakatan, kemampuan ini adalah salah satu bekal kemampuan yang sangat berharga.

Namun,  sebagian orang masih kurang bersahabat dengan kemampuan ini. Bahkan sebagian yang lain menjadikan public speaking sebagai sebuah momok yang harus dihindari sebisa mungkin. Membayangkan diri berada di depan banyak orang, terlebih lagi di antara mereka adalah orang-orang yang memiliki pangkat atau jabatan di atas kita, lalu juga membayangkan cemoohan atau bully yang sewaktu-waktu datang menerpa. Huft! Semua itu bukanlah hal nyaman, bahkan untuk sekedar dibayangkan.

Namun demikian, tak ada sesuatu di dunia ini yang tak dapat dipelajari. Semua ada ilmunya kan, kawan? Nah, melalui blog ini kami akan berupaya untuk menyajikan panduan-panduan dasar bagi kamu yang baru memulai untuk mempelajari public speaking. Dan kami juga berupaya untuk menyajikan tips dan trik yang kiranya dapat membantu mengembangkan kemampuan kamu, juga saran untuk mengantisipasi problem yang barangkali hadir saat berada di panggung.

Sebelum kita kesana, ada baiknya kalau kamu mengetahui terlebih dahulu manfaat-manfaat yang akan kamu dapatkan serta rasakan tatkala memiliki kemampuan public speaking. CARABICARA telah menyiapkan 10 manfaat public speaking untuk kamu. Semoga bisa menjadi bahan untuk menyemangati kamu dalam mempelajari kemampuan bicara ini.

Dan, Inilah 10 Manfaat Kemampuan Public Speaking yang Perlu Kamu Ketahui

1. Meningkatkan Value / Kualitas Diri

Dengan menguasai kemampuan public speaking, otomatis dapat meningkatkan value serta kualitas diri kamu. Kamu akan mendapatkan tempat yang spesial di memori orang lain, terlebih lagi jika apa yang kamu sampaikan adalah sesuatu yang sangat berbobot, bermakna, serta bernilai bagi banyak orang.

2. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Seiring dengan ‘trust’ yang telah terbentuk di mata para audience kamu, tentunya semakin membuat rasa percaya diri kamu meningkat. Namun demikian, kamu tetap harus mengimbanginya dengan peningkatan kualitas materi yang kamu sampaikan.

3. Mendukung Kesuksesan Karir

Kemampuan public speaking adalah bekal yang sangat berharga untuk mendukung kesuksesan kamu. Karena untuk menciptakan kinerja yang optimal diperlukan komunikasi dan koordinasi yang baik, terutama ketika bekerja dalam sebuah tim yang besar. Dan semua dapat diwujudkan dengan kemampuan public speaking yang mumpuni.

4. Mengasah Kemampuan Manajerial

Tatkala kamu sudah terjun ke panggung public speaking, seiring dengan bertambahnya jam terbang. Kamu akan dituntut untuk terbiasa mengelola segala aktivitas kamu, baik ketika di depan layar maupun ketika di belakang layar. Kamu akan terbiasa untuk menjadwalkan sesuatu, mengelola kontak, mengelola kegiatan, mengelola pola makan, hingga mengelola alokasi waktu ketika tengah berada di atas panggung.

5. Mengasah Kemampuan Mengontrol Diri

Mempelajari panduan public speaking dengan baik, akan membimbing kamu untuk memahami segala etika ketika berada di atas panggung. Tetap sabar dan menjaga kestabilan diri bagaimanapun situasi dan kondisi yang terjadi pada para audience tatkala kamu sedang berada di atas panggung.

6. Kemampuan Mempengaruhi Orang Lain

Kemampuan public speaking adalah sarana yang tepat untuk mengaktualisasikan segala bentuk potensi kepada siapapun. Ketika kamu bisa mengolah materi dengan baik dan menarik, mudah bagi orang lain untuk mendukung ide dan pemikiran kamu.

7. Memiliki Nilai Diri yang Menginspirasi Orang Lain

Public speaking yang efektif adalah kesempatan untuk bisa menyalurkan energi-energi positif kepada orang lain. Dengan hidup di antara orang-orang yang positif, tentu akan menjaga hidup kamu tetap baik.

8. Memiliki Kemampuan Mengendalikan Situasi Lingkungan Sekitar

Dengan terbiasa menghadapi para audience beserta berbagai macam perilakunya, akan menjadi mudah bagi kamu untuk menganalisa perilaku massa. Kamu juga memiliki kesempatan untuk dapat mengendalikan situasi tatkala terjadi hal-hal yang menyebabkannya tidak kondusif.

9. Dapat Dijadikan Sumber Penghasilan

Sudah jelas sekali, kemampuan public speaking sangatlah bernilai. Kamu bisa mendapatkan penghasilan dari sini. Seiring dengan meningkatnya bobot dan kualitas materi kamu, orang-orang akan semakin tertarik untuk dating mendengarkanmu. Dan tentunya, kamu bisa mendapatkan penghasilan yang fantastis.

10. Dapat Dijadikan Sumber Pahala

Tak melulu soal harta, kamu dapat berbagi kebaikan melalui ceramah, seminar, atau workshop. Tentunya dengan materi-materi yang bermanfaat bagi banyak orang. Setiap kebaikan yang kita berikan kepada orang banyak, udah jadi pahala. Bayangkan kalau kamu memberikan sebuah kebaikan di depan 10 orang, 100 orang, dst. Dan mereka melakukan apa yang kamu sudah ajarkan. Maka selagi mereka hidup, dan mereka berbuat baik karena ajaranmu, selama nafas itu mengalir pahala pun mengalir ke kamu.

Demikianlah materi mengenai 10 manfaat publik speaking, semoga apa yang telah kami sampaikan memiliki nilai manfaat dan dapat memotivasi kamu yang baru akan memulai mempelajari public speaking

Posting Komentar untuk "Inilah 10 Manfaat Belajar Public Speaking yang Perlu Kamu Ketahui"