Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tiga Syarat ini Lho! yang Harus Kamu Penuhi Agar Bisa Percaya Diri Saat Public Speaking



CARABICARA - Bagi para pemula yang baru berkecimpung di dunia public speaking, berbicara di hadapan publik menghadapi  belasan, puluhan, ratusan, ah tidak! bahkan ribuan pasang mata menatap tajam, barangkali adalah sesuatu yang sungguh sangat mendebarkan. Percayalah, tak ada yang jauh lebih berat dibandingkan penampilan, naik ke atas panggung / mimbar  terlebih harus berada dalam situasi dan kondisi demikian.
Belum juga naik ke atas panggung, badan rasanya kok lemes? Lalu keringat dingin, pikiran pun jadi bercabang kemana-mana. Beragam kilasan kegagalan yang menanti di depan (yang sebenarnya hanya rekaan khayalan semata), semisal :  tersandung kabel mikrofon, mendadak gagu, dsb sudah begitu memenuhi pikiran ini. Duh! Rasanya ingin sekali memiliki alat percepat waktu supaya bisa skip langsung ke saat sudah tampil. Hehe

Semua kecemasan di atas tentu ada solusinya. Rasa Percaya diri!

Yang perlu kamu ketahui, bahwa rasa percaya diri ini sifatnya netral. Dia tergantung kepada kamu, pemiliknya. Tergantung bagaimana kemampuan kamu menanam, menumbuhkan, serta  mengelola kepercayaan diri itu menjadi sebuah kekuatan. Kalau tak kunjung ditanam, ya tak akan bisa tumbuh. Ujung-ujungnya ya pasti minder terus!

Pada postingan kali ini, CARABICARA akan mengupas materi mengenai syarat-syarat yang harus kamu penuhi dan miliki agar kamu bisa percaya diri saat berbicara di depan publik. Yuk! Simak ulasannya di bawah ini.


1. Tersenyumlah

Senyum itu gratis, lho. Jadi tolong usahakan yang gratis ini jangan sampai kita pelit untuk membagikannya. Namun faktanya, kebanyakan orang ketika berada di panggung amat sulit tersenyum. Hal ini mungkin dikarenakan terlalu fokus dan serius ke materi yang tengah dibawakannya. Secara logika, bagaimana mungkin para audiences akan tertarik kalau pembicaranya aja engga menarik?

Namun, senyumannya pun bukan asal sembarang senyum. Berikanlah senyum tulusmu! Senyum yang tulus itu, adalah tatkala kedua pipi kita naik ke dekat kantung mata kita. Kalau yang cuma bergerak hanya di daerah sekitar mulut dibawah pipi, namanya senyum sinis alias seringai. Hiii

Jangan lupa, berlatihlah tersenyum tulus setiap pagi hari saat akan mulai beraktivitas. Di depan cermin pun tak masalah. Setelah itu sebarkan senyuman kamu saat berkomunikasi dengan orang banyak.

2. Berhentilah  Berusaha Membahagiakan Semua Orang

Sejatinya, berusaha membahagiakan orang-orang adalah sebuah hal yang baik dan terpuji. Namun kamu harus menyadari bahwasannya pada suatu batas tertentu, kamu tak akan bisa membahagiakan setiap orang. Kamu udah bahagiakan Si A, tapi ternyata si B nggak sreg sama kamu. Kamu bahagiakan Si B, eh Si C jadi dengki dan musuhin kamu juga, begitu seterusnya.

Dan, hal ini pun berlaku di dunia public speaking. Kamu tak akan bisa memuaskan setiap orang yang hadir menyaksikan dengan penampilan kamu yang sempurna. Karena pada dasarnya standar dari ‘nilai’ sempurna bagi tiap-tiap orang pastilah berbeda-beda. Kesalahan terbesar kita di panggung (atau mungkin di dalam hidup) adalah berusaha untuk menyenangkan semua orang. Padahal justru sebaliknya, mustahil kamu akan sukses kalau terus terusan berusaha membahagiakan semua orang. Bahkan untuk se-level Presiden saja, atau orang - orang yang berhasil luar biasa di dunia ini. Mereka tidak berusaha menyenangkan semua orang, karena mereka tahu bahwa itu mustahil. Bahkan saat membuat keputusan  pun, yang menurut mereka adalah solusi terbaik, pasti ada saja yang tidak menyukainya.

Jadi, tanamkan ke dalam diri kamu, bahwasannya wajar saja kalau ada orang yang tidak suka sama kita. Majulah ke depan, sampaikan tanpa beban.


3.  Persiapan yang Matang


Persiapan yang baik adalah setengah dari perjuangan menuju kesuksesan. Dengan persiapan yang matang, akan mendongkrak rasa percaya diri kamu menjelang penampilan kamu di atas panggung. Namun kenyataan di lapangan, banyak orang yang menganggap remeh fase ini. Padahal ini  adalah elemen dasar yang paling penting untuk diperhatikan.
Sebelum memulai berbicara di atas panggung, pastikan penampilan kita dari pakaian, terus juga wanginya, slide presentasinya. Bahkan jika diperlukan, berlatih jauh-jauh hari hingga H-1 sebelum acara akan menjadi opsi terbaik.
Kamu pun bisa berlatih terlebih dahulu di depan cermin. Dan jika dirasa kamu sudah cukup mumpuni, kamu bisa melanjutkannya dengan berlatih di hadapan beberapa teman kamu, atau orang yang lebih berkompeten. Jangan lupa minta feedback dari mereka, ya!

Posting Komentar untuk "Tiga Syarat ini Lho! yang Harus Kamu Penuhi Agar Bisa Percaya Diri Saat Public Speaking"