Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beginilah Cara Membuat Materi Public Speaking yang Inspiratif


CARABICARA – Membuat materi untuk public speaking memang susah-susah gampang, terutama bagi para pemula yang masih awam di dunia tarik koar suara. Dan ternyata, mereka yang sebenarnya sudah cukup sering tampil di atas panggung pun, terkadang masih suka kewalahan dalam membuat materi. Hal ini biasanya menyangkut tingkat komplektivitas materi, teknik penyampaian berdasarkan  penyesuaian karakter audience, dsb. Bagi para pembicara yang sudah berpengalaman malang-melintang sih, santai saja. Hehe
Kepribadian masing-masing pemateri tentu berbeda - beda.  Ada yang tidak terlalu suka berbasa-basi, ada yang kebalikannya yang suka bicara ngalor-ngidul kemana-mana, ada yang balance juga. Namun, nilai dari suatu materi tetaplah objektif, bagaimana pun itu metode penyampaiannya. Inti dari materi itu tetaplah sama bobotnya. Untuk membuat materi, entah itu untuk ceramah, MC, stand up comedy, dsb. Langkah-langkah ini bisa jadi referensi bagi kamu untuk membuat materi.

1. Mencari Ide

Mencari ide bisa dengan cara apa saja. Pertama, bisa melalui pengalaman pribadi dengan mencoba flashback ke beberapa waktu lalu, apakah ada kejadian yang berkaitan dengan materi kita? Namun, banyak dari kita menilai bahwasannya apa yang telah kita alami, nampaknya bukanlah bahan yang menarik untuk dijadikan materi. Nah! Ini nih yang harus diluruskan.
Mungkin memang benar adanya prakiraan kamu, kalau pengalaman pribadi yang akan dijadikan materi  takkan berhasil menarik hati para audience. Namun sebenarnya, disinilah letak tantangannya. Kemaslah pengalaman yang sebenarnya garing itu dengan menarik, mix dengan kata-kata, twist, serta intonasi yang unik.  Terlepas dari semua itu, sebenarnya setiap orang pun pasti pernah mengalami kejadian unik dan menarik yang sangat bagus untuk dijadikan materi. Yang penting adalah fokus!
Dengan berusaha untuk selalu fokus, apa yang terjadi hari ini dan kemarin, pasti akan mendatangkan pelajaran untuk kamu. Memang sih, tidak semuanya akan jadi materi, namun dengan berpikir seperti itu sebenarnya kita dapat menjadi ‘magnet’ bagi setiap pelajaran. Dan dari situ, bisa berlanjut menjadi ide materi.
Kedua kamu bisa melihat, mendengar, atau membaca sesuatu yang inspiratif. Berusahalah peka terhadap hal - hal yang sekiranya bisa menjadi manfaat untuk diri sendiri dan orang lain. Sumber inspirasi pun bisa bersumber dari mana saja, baik itu media cetak, elektronik, maupun online.
Dan yang terakhir, yang ketiga. Kamu bisa MENGKHAYAL. Mengkhayal itu, baik bagi otak kanan, asal jangan kebanyakan mengkhayal ya!  Mengkhayal bisa kamu manfaatkan untuk mengarang cerita sebagai analogi, dan diambil hikmahnya.

2. Sistemasi Materi

Dalam membuat runtutan sebuah materi supaya dapat tersampaikan dengan baik dan teratur, kamu dapat menggunakan metode WHY - WHAT - HOW. Metode ini kamu bisa lakukan di saat pembukaan.
WHY adalah mengenai alasan mengapa materi yang akan kamu sampaikan, patut untuk didengarkan oleh para audience. Unsur dari WHY perlu kamu perkuat dengan 2D, yaitu data atau dalil. Kalau kamu sudah bisa menguasai WHY-nya, unsur WHAT dan HOW akan menjadi lebih mudah untuk disampaikan.
WHAT, adalah unsur penegas kamu setelah WHY. Penegas atas apa yang tengah kamu bahas. Dan HOW, adalah solusi dari gagasan yang telah kita buat. Biasanya menjalaskan mengenai solusi yang dapat kamu tawarkan.

3. Menulis dan Memperkaya  Ide

Ide yang dituliskan tentu berbeda dengan ide yang hanya dibayangkan saja.  Jelas akan terasa berbeda efeknya. Kalau hanya dibayangkan saja, yang bekerja hanya imajinasi. Tetapi saat dituliskan, seluruh syaraf kita bekerja dan alam bawah sadar secara tidak langsung merekam apa yang kita tuliskan. Jadi, kemungkinan untuk mudah ingat akan sangat besar kalau kita tulis ide tersebut.

Perkayalah ide kamu dengan banyak sharing dengan orang-orang yang inspiratif. Fokus untuk menggali banyak pelajaran. Siapapun yang kamu temui, dialah guru kamu. Pasti akan ada pelajaran hidup yang akan kamu dapatkan.

Posting Komentar untuk "Beginilah Cara Membuat Materi Public Speaking yang Inspiratif"