Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah 4 Langkah yang dapat Membuat Kamu Hebat Sebelum Berbicara di Depan Umum (Public Speaking)

CARABICARA – Hebat, bahkan sebelum berbicara di depan umum (public speaking). Wah! siapa yang nggak mau sih? Yang seperti ini, sangat berarti sekali untuk mendongkrak rasa percaya diri kita ketika akan tampil, tentunya didukung dengan persiapan yang matang, dong!

Mungkin di pikiran kita, hanyalah orang-orang hebat, seleb, pembicara ulung, atau motivator ternama dan terkenal yang bisa seperti ini. Padahal bagi para pemula di dunia public speaking, hal tersebut bukanlah sesuatu yang mustahil, lho. Asalkan kamu tahu resepnya. Jadi, bukan lagi hal yang tak mungkin bagi kamu untuk bisa tampil memukau sebelum beraksi di depan panggung.

Nah inilah resepnya.

Jadi, setiap pembicara yang hebat, ternyata memiliki pola dalam berbicara. Bahkan mereka memiliki kebiasaan hebat sebelum tampil di depan umum. Ternyata polanya sederhana. Dengan mempelajari  pola di bawah ini dan mempraktekannya, dijamin deh kamu akan jadi hebat sebelum tampil.

Ini dia 4 langkah yang akan membuat Anda merasa hebat sebelum Anda tampil.

1. IMPROVING YOUR MOOD

Sebelum kamu tampil ke atas panggung, lakukanlah aktivitas yang dapat membuat mood kamu menjadi bahagia dan relax. Entah jalan santai, nonton film, main games, dan sebagainya. Kalau saya pribadi sih, dengerin musik via headset, lebih praktis. Wkwk. Sebisa mungkin hindari aktivitas yang akan membuat mood kamu jadi jelek & bikin bête, misalnya bertengkar atau hal lainnya.

2. DISTRACTION CAN BE USEFUL, or NOT!

Bukalah percakapan dengan orang - orang di luar topik presentasi kamu, lakukanlah hingga kamu merasa nyaman dengannya. Sejatinya hal ini akan membuat kamu semakin siap untuk tampil presentasi. Namun yang perlu kamu perhatika, terkadang percakapan di luar topik akan membuat konsentrasi kamu buyar jika mental kamu lemah. Jadi, pastikan kamu menyikapi percakapan itu dengan bijaksana ya!

3. AXING THE ANTICIPATORY ANXIETY

Hadapilah rasa gugup kamu sebelum presentasi. Lakukan hal - hal yang dapat membuat rasa gugup kamu bisa turun. Misalnya, menenangkan diri dengan tarik nafas panjang (baca juga : Grogi Banget? Begini Caranya Supaya Jadi Relax saat Public Speaking).

4. PUT THE POSTMORTEMS TO DEATH

Jika kamu pernah mengalami kegagalan saat presentasi, jangan biarkan kemarahan atau bayang - bayang ketakutan itu menyerang kamu. Percayalah, setiap orang pernah gagal kok. Yang gagal saat presentasi udah banyak, bukan cuma kamu aja. Bahkan mungkin kegagalan mereka lebih parah dan fatal, namun mereka dapat menyikapi kegagalan itu dengan baik dan menjadi public speaker yang jauh lebih baik lagi, bahkan luar biasa. Jadi, maafkanlah diri kamu, dan lakukan yang terbaik yang bisa kamu lakukan dalam presentasi selanjutnya.

Sumber:
The Confident Speaker Book
Harrison Monart & Larina Case

Posting Komentar untuk "Inilah 4 Langkah yang dapat Membuat Kamu Hebat Sebelum Berbicara di Depan Umum (Public Speaking)"