Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar Teknik Public Speaking dari Obama

CARABICARA - Siapa tak kenal dengan Barrack Obama? Presiden Amerika Serikat Ke-44 ini, memang ahlinya dalam berbicara di depan umum. Gaya bicaranya yang tegas, lugas, luwes, dan terukur tentunya dapat dijadikan inspirasi oleh para politikus, serta siapapun yang tak lepas dari aktivitas public speaking.

Dalam sebuah artikel di Forbes yang berjudul  “Barack Obama A Master Class In Public Speaking”, Carmine Gallo menjelaskan bahwa dalam pidato Presiden, Barack Obama selalu menggunakan berbagai macam teknik berbicara kelas dunia untuk memikat para pendengarnya.

Namun, di antara teknik-teknik berpidato yang digunakan ada tiga teknik  yang selalu ia gunakan secara konsisten di hampir semua pidato yang ia lakukan. Ketiga teknik pidato presiden Barack Obama tersebut adalah transendensi, pengulangan (repetisi), gesture dan suara. Yuk! kita simak, ketiga teknik tersebut di bawah ini :

Belajar Teknik Public Speaking dari Obama

1. Transendensi

Transendensi yaitu teknik berbicara dengan menggunakan bahasa yang konkret dan nyata. Tidak bertele-tele dan tidak menggunakan jargon yang memuakkan audiens.
Ada alasan sederhana mengapa menggunakan teknik transendensi begitu efektif untuk memikat audiens, alasannya  adalah karena audiens sudah muak dengan jargon. Mereka tidak peduli jargon, yang mereka pedulikan adalah kejelasan dari apa yang kita sampaikan. Dengan pemilihan kata dan gaya bahasa yang tepat, kata-kata yang mereka susun sedemikian rupa akan terasa penuh makna dan menghujam kedalam benak para audiensinya.

2. Repetisi (Pengulangan)

Teknik Pengulangan atau repetisi, atau disebut juga anaphora adalah teknik berbicara di mana kita mengulang kata frase di awal kalimat yang disampaikan berturut-turut.
Dan berikut ini adalah penggalan kalimat bagaimana Barack Obama menerapkan teknik pengulangan dalam pidato pelantikan presiden  2013.

Bersama-sama, kita memastikan bahwa ekonomi modern memerlukan rel kereta-api dan jalan bebas hambatan untuk mempercepat perjalanan dan perdagangan, sekolah dan perguruan tinggi untuk melatih para pekerja kita.
Bersama-sama, kita mendapati bahwa pasar bebas hanya bisa berkembang bila ada peraturan-peraturan untuk menjamin persaingan dan aturan main yang adil.
Bersama-sama, kita bertekad bahwa sebuah bangsa besar harus menjaga mereka yang rentan dan melindungi rakyatnya dari bencana terburuk dan nasib malang.”

Kekuatan dari repetisi ini juga dapat kamu baca di sini : Kekuatan Repetisi (Pengulangan) pada Public Speaking

3. Gesture dan Suara

Gesture mencerminkan kejelasan pemikiran dan rasa percaya diri. Dan presiden Barack Obama memahami hal ini dengan sangat baik. Sehingga dalam setiap pidatonya ia dapat menggunakan gesture tubuhnya dengan sangat efektif untuk menekankan setiap kalimat yang ia sampaikan.

Selain gesture, Presiden Barack Obama juga menggunakan suaranya atau bahasa verbal dengan sangat efektif. Dia mengatur volume suaranya,  mengatur kecepatan suara dan menggunakan jeda dengan sangat baik untuk memberikan dampak yang lebih kuat pada apa yang ia sampaikan.

Demikianlah postingan dari saya, semoga dapat menginspirasi kamu yang tengah belajar teknik berbicara di depan umum. Jangan lupa dipraktekan ya!

Posting Komentar untuk "Belajar Teknik Public Speaking dari Obama"