Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Grogi Banget? Begini Caranya Supaya Jadi Relax saat Public Speaking

CARABICARA - Bagi para pemula di dunia public speaking, ‘musuh’ yang paling berat pada saat penampilan di atas panggung adalah rasa grogi. Hal ini bisa datang dari mana saja, secara tiba-tiba, bisa dari faktor internal, bisa juga datang dari faktor eksternal.

Faktor internal tuh contohnya : tiba-tiba nggak pede dengan penampilan, nggak pede dengan materi yang dibawakan terlebih saat mencoba menjawab pertanyaan ketika sesi tanya jawab, atau juga yang paling fatal adalah lupa atas beberapa bagian dari materi. Kalau faktor eksternalnya sih, biasanya karena melihat orang-orang yang wah, yang memiliki pangkat atau jabatan tertentu (semisal : atasan) tengah menyimak materi kita dengan penuh seksama. Wkwk


Yang namanya grogi itu, bikin tegang. Dan tegang itu mengakibatkan jantung berdetak sangat kencang. Bahkan bisa berimbas  ke perut, bawaannya bikin mules lah, sakit perut . Trus bisa pula menjalar ke tangan, jadi keringetan deh tangannya. Kalau menjalarnya sampai kaki, jadi gemeteran deh kakinya.

Lalu, bagaimanakah caranya supaya tenang saat grogi menghampiri?

Begini Caranya Supaya Jadi Relax saat Public Speaking

Nah, kuncinya begini. Pikiran itu ibaratnya seperti  air. Ketika air itu tenang, kamu akan jelas melihat dasarnya. Tapi kalau berombak or beriak, kamu tidak akan bisa melihat dasarnya. Nah, akal pun seperti itu. Saat kita grogi, kita tegang, kita akan bingung dengan sendirinya mau ngomong apa, karena “dasarnya” saja sudah tidak beres dan tidak jernih.

Jadi, Ketika situasi dan kondisi sudah seperti di atas, cobalah untuk mengatur nafas agar lebih teratur. Dengan begitu, seluruh anggota badan termasuk akal kita, akan sangat jelas akan berbicara apa. Karena secara teori, tatkala kita grogi atau gugup, kita cenderung bernafas dengan cepat. Lewat cara ini, sirkulasi darah menjadi bergerak lebih teratur dan jantung pun berdegup lebih lebih stabil.

Adapun cara termudah mengatasi hal ini bisa juga dengan bernafas yang dalam. Kamu bisa lakukan ini beberapa saat sebelum tampil / naik ke atas panggung. Caranya : pejamkan mata dan tarik nafas dalam-dalam. Lalu, rasakan oksigen mengalir ke seluruh tubuh. Kamu bisa lakukan hal ini beberapa kali. Tarik nafas dalam-dalam secara perlahan, tahan sejenak, dan lepaskan secara perlahan pula. Dijamin deh, kamu akan merasa lebih segar, lebih tenang, dan kepercayaan diri pun meningkat.

Semua punya cara masing – masing sih. Kalau saya pribadi seringnya sebelum acara atau presentasi, saya setel lagu favorit saya via headset, membayangkan penampilan saya akan sangat baik dan orang lain akan menerima banyak manfaatnya (bisa baca : Visualisasi Diri Sebelum Public Speaking, Itu Perlu Lho! ), serta juga iseng-iseng buka slide yang akan dibawakan nanti (memantapkan materi, bahkan kadang-kadang bisa muncul poin-poin tambahan yang dapat disampaikan sebagai pengembangan dari materi).

Demikianlah postingan CARABICARA kali ini. Pada intinya, setiap orang punya resepnya masing – masing untuk menghadapi rasa grogi saat public speaking. Kamu bisa temukan resepnya pada diri kamu sendiri, sebaiknya kamu dan senyamannya kamu. Sekian dan semoga bermanfaat ya!


Posting Komentar untuk "Grogi Banget? Begini Caranya Supaya Jadi Relax saat Public Speaking"